hallo sobat flash holic, untuk kali ini saya akan membahas menganai penggunaan perintah toUpperCase() dan toLowerCase(). perintah toUpperCase() dan toLowerCase() dalam actionscript 3, sama dengan bahasa pemrograman lain seperti java dan VB. perintah toUpperCase() digunakan untuk membuat sebuah String menjadi huruf kapital seluruhnya, sedangkan toLowerCase() digunakan untuk membuat sebuah String menjadi huruf kecil seliruhnya.
berikut contoh penulisan nya dalam program di flash(actionscript3):
- toUpperCase()
var kata:String = “Ajax”;var ubah_kata:String = kata.toUpperCase();trace(ubah_kata);
penjelasan script:
- var kata:String = “Ajax”; untuk membuat sebuah variabel dengan tipe data String dengan isi berupa kata "Ajax".
- var ubah_kata:String = cleanser.toUpperCase(); untuk membuat variabel bertipe String dengan nama ubah_kata, untuk mengkonversi String kata menjadi huruf kapital seluruhnya.
- trace(ubah_kata); untuk menampilkan variabel ubah_kata ke output, jika ingin menampilkan ke Stage, sintaks nya menjadi:
import flash.display.*;import flash.text.TextField;var kata:String = "Ajax";var ubah_kata:String = kata.toUpperCase();var tampil:TextField = new TextField();tampil.text = ubah_kata;addChild(tampil);
penjelasan:
karena yang dapat ditampilkan di Stage hanya tipe data TextField untuk text, maka kita tambahkan var tampil:TextField = new TextField(); untuk menambahkan variabel tampil dengan tipe Textfield;tampil.text = ubah_kata; untuk mengisi variabel tampil dengan data dari variabel ubah_kata.addChild(tampil); untnk menampilkan variabel tampil di stage.
2. toLowerCase();
var kata:String = “HANYA SEBUAH CERITA”;var ubah_kata:String = kata.toLowerCase();trace(ubah_kata);
penjelasan script:
- var kata:String = “ HANYA SEBUAH CERITA ”; untuk membuat sebuah variabel dengan tipe data String dengan isi berupa kata "Ajax".
- var ubah_kata:String = cleanser.toLowerCase(); untuk membuat variabel bertipe String dengan nama ubah_kata, untuk mengkonversi String kata menjadi huruf kecil seluruhnya.
- trace(ubah_kata); untuk menampilkan variabel ubah_kata ke output, jika ingin menampilkan ke Stage, sintaks nya menjadi:
import flash.display.*;import flash.text.TextField;var kata:String = "HANYA SEBUAH CERITA";var ubah_kata:String = kata.toLowerCase();var tampil:TextField = new TextField();tampil.text = ubah_kata;addChild(tampil);
penjelasan:
karena yang dapat ditampilkan di Stage hanya tipe data TextField untuk text, maka kita tambahkan var tampil:TextField = new TextField(); untuk menambahkan variabel tampil dengan tipe Textfield;tampil.text = ubah_kata; untuk mengisi variabel tampil dengan data dari variabel ubah_kata.addChild(tampil); untnk menampilkan variabel tampil di stage.
nah, mudah kan??
okelahkalobegitu sekian dulu dari saya untuk tulisan kali ini. semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar