Menu

Rabu, 13 Juni 2012

Home » » mempersingkat penulisan mouseEvent dalam as3

mempersingkat penulisan mouseEvent dalam as3

dalam bahasa pemrograman flash atau yang biasa dikenal dengan actionscript, kita tidaklah asing dengan event. event digunakan untuk memberikan tindakan kepada sebuah objek sesuai dengan kehendak kita. event yang paling sering kita gunakan adalah MouseEvent, keyboardEvent dan EnterFrame.kali ini yang akan kita bahas adalah mouseEvent.

 Dalam penulisan MouseEvent kita menggunakan sintaks sebagai berikut:
addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);
function perbesar(e:MouseEvent)
{
  //perintah di dalam event
}

seringkali kiita menggunakan event yang sama untuk banyak objek, misalnya jika di klik maka objek menjadi lebih kecil seperti contoh berikut:

btn1_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar1);
btn2_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar2);
btn3_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar3);
function perbesar1(e:MouseEvent)
{
  btn1_mc.scaleX= 0.5;
  btn1_mc.scaleY = 0.5;
}
function perbesar2(e:MouseEvent)
{
  btn2_mc.scaleX= 0.5;
  btn2_mc.scaleY = 0.5;
}
function perbesar3(e:MouseEvent)
{
  btn3_mc.scaleX= 0.5;
  btn3_mc.scaleY = 0.5;
}

terlihat panjang bukan, apalagi jika kita mempunyai ratusan objek yang menggunakan event yang sama. namun jangan khawatir, kita dapat menyederhanakan penulisan sintaks diatas menjadi seperti berikut:

btn1_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);
btn2_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);
btn3_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);
function perbesar(e:MouseEvent)
{
  e.currentTarget.scaleX = 0.5;
  e.currentTarget.scaleY = 0.5;
}
sedikit penjelasan, fungsi dari sintaks e.currentTarget.scaleX adalah untuk merubah skala X dari target yang terkena event, dalam hal ini diklik, begitu juga dengan   e.currentTarget.scaleY.

bagaimana?? lebih singkat bukan??

ok cukup sekian dulu dari saya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat flash holikx sekalian.

1 komentar:

  1. var skalap1 = p1/50;
    tuas1.alas.scaleX = p1/50;
    tuas1.pemberat.scaleX = b1 / 50;
    tuas1.pemberat.scaleY = b1 / 50;

    var skalap2 = p2/50;
    tuas2.alas.scaleX = p2/50;
    tuas2.pemberat.scaleX = b2 / 50;
    tuas2.pemberat.scaleY = b2 / 50;

    if( t1>t2)
    {
    tuas1.gotoAndPlay("turun")
    tuas2.gotoAndPlay("naik")
    }

    BalasHapus