Dalam penulisan MouseEvent kita menggunakan sintaks sebagai berikut:
addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);
function perbesar(e:MouseEvent)
{
//perintah di dalam event
}
seringkali kiita menggunakan event yang sama untuk banyak objek, misalnya jika di klik maka objek menjadi lebih kecil seperti contoh berikut:
btn1_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar1);
btn2_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar2);
btn3_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar3);
function perbesar1(e:MouseEvent)
{
btn1_mc.scaleX= 0.5;
btn1_mc.scaleY = 0.5;
}
function perbesar2(e:MouseEvent)
{
btn2_mc.scaleX= 0.5;
btn2_mc.scaleY = 0.5;
}
function perbesar3(e:MouseEvent)
{
btn3_mc.scaleX= 0.5;
btn3_mc.scaleY = 0.5;
}
terlihat panjang bukan, apalagi jika kita mempunyai ratusan objek yang menggunakan event yang sama. namun jangan khawatir, kita dapat menyederhanakan penulisan sintaks diatas menjadi seperti berikut:
btn1_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);sedikit penjelasan, fungsi dari sintaks e.currentTarget.scaleX adalah untuk merubah skala X dari target yang terkena event, dalam hal ini diklik, begitu juga dengan e.currentTarget.scaleY.
btn2_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);
btn3_mc.addEventListener(MouseEvent.CLICK, perbesar);
function perbesar(e:MouseEvent)
{
e.currentTarget.scaleX = 0.5;
e.currentTarget.scaleY = 0.5;
}
bagaimana?? lebih singkat bukan??
ok cukup sekian dulu dari saya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat flash holikx sekalian.
var skalap1 = p1/50;
BalasHapustuas1.alas.scaleX = p1/50;
tuas1.pemberat.scaleX = b1 / 50;
tuas1.pemberat.scaleY = b1 / 50;
var skalap2 = p2/50;
tuas2.alas.scaleX = p2/50;
tuas2.pemberat.scaleX = b2 / 50;
tuas2.pemberat.scaleY = b2 / 50;
if( t1>t2)
{
tuas1.gotoAndPlay("turun")
tuas2.gotoAndPlay("naik")
}