Menu

Rabu, 13 Juni 2012

Home » » penggunaan kelas Timer() di as3

penggunaan kelas Timer() di as3

kelas timer(), sesuai dengan namanya adalah kelas yang berhubungan dengan waktu, baik jam, menit, maupun detik. kelas timer banyak digunakan untuk membuat suatu event bekerja di waktu waktu tertentu. berikut ini adalah contoh penggunaan kelas Timer() sederhana dengan menggunakan action script 3.


var waktu:Timer = new Timer(1000);
waktu.start();
waktu.addEventListener(TimerEvent.TIMER, sayHello);
function sayHello(e:TimerEvent)
{
     trace("hello");
}

sedikit penjelasan,
var waktu:Timer = new Timer(1000);   artinya timer diset setiap 1 detik, karena dalam flash, waktu ditentukan dengan satuan millisecond, ,maka untuk membuat waktu menjadi 1 detik adalah dengan mengalikannya dengan 1000 sehingga ditulis seperti diatas.
sintaks diatas akan menampilkan tulisan "hello" setiap detiknya sampai program tersebut di close.


sekarang mari kita modifikasi program diatas, menjadi seperti berikut:

var waktu:Timer = new Timer(1000);
waktu.start();
waktu.addEventListener(TimerEvent.TIMER, sayHello); 
function sayHello(e:TimerEvent):void
{
     trace("hello");
     trace("Current Count: " + waktu.currentCount);
}
sedikit penjelasan:
fungsi currentCount dalam sintaks diatas adalah untuk menampilkan timer yang kita buat telah  berjalan pada detik atau waktu keberapa. sehingga saat di jalankan, program diatas tidak hanya menampilkan tulisan "hello" setiap detiknya, namunn juga menampilkan sudah berapa lama waktu yang dijalankan program.

kalau kita cermati, kedua program tersebut akan menampilkan tulisan hallo dan waktunya secara terus menerus sampai program tersebut di close, nah sekarang mari kita modifikasi program diatas dengan menambahkan batas waktu penampilan tulisan "hello"


var waktu:Timer = new Timer(1000,10);
waktu.start();
waktu.addEventListener(TimerEvent.TIMER, sayHello);
waktu.addEventListener(TimerEvent.TIMER_COMPLETE, sayBye)
function sayHello(e:TimerEvent):void
{
     trace("hello");
     trace("Current Count: " + waktu.currentCount);
function sayBye(e:TimerEvent):void
{  
     trace("bye");
}

sedikit penjelasan:
penambahan angka 10 var waktu:Timer = new Timer(1000,10); memiliki fungsi untuk membatasi waktu menjadi 10 dektik.
penambahan waktu.addEventListener(TimerEvent.TIMER_COMPLETE, sayBye), adalah untuk membuat event jika waktu sudah sampai pada batas yang kita tentukan yaitu 10 detik, dan setelah 10 detik, tulisan "hello" tidak lagi muncul, namun akan muncul tuliasn "bye" dan program akan berhenti.

nah cukup mudah bukan sobat flash holix??

sekian dulu dari saya untuk kali ini, semoga bermanfaat bagi para sobat flash holix sekalian

3 komentar: